CHM Reader for Linux

[s9y-include-block:1]
Banyak file tutorial dan manual serta ebook yang dibundel dalam format .chm, terutama file-file yang disertakan oleh Windows. Lantas, bagaimana kita tetap bisa membacanya menggunakan Linux ?

Aplikasi yang biasa saya pakai selama ini adalah XCHM. Ternyata ada yang lebih mudah membaca file CHM di Linux, yaitu menggunakan CHM Reader Add-on pada Firefox.

Caranya mudah.

1. Download CHM Reader Add-on dari Link https://addons.mozilla.org/firefox/3235/
2. Install Add-On tersebut
3. Restart Firefox (biasanya otomatis diminta)
4. Buka file CHM melalui menu File | Open CHM Files

Pretty simple :-). Oh ya, saya menggunakan SuSE Linux 10.2 dan Firefox 2.0.

Pada link diatas memang ada komentar yang mengatakan bahwa add-ons ini tidak bisa digunakan pada Firefox 2.0, tapi apa yang saya lakukan bisa kok. Mungkin sudah diupdate atau versi Firefox saya berbeda dengan pembuat komentar.

Update 02-April-2007 : Mas Achedy & Himawan memberikan alternatif menggunakan KCHM untuk membaca file CHM. Uraian mas Achedy bisa dilihat pada link ini sedangkan blog Himawan pada link ini. Thanks buat mas Achedy dan Himawan.

Pin It

5 thoughts on “CHM Reader for Linux

  1. Banyak file tutorial dan manual serta ebook yang dibundel dalam format .chm, terutama file-file yang disertakan oleh Windows. Lantas, bagaimana kita tetap bisa membacanya menggunakan Linux ?Aplikasi yang biasa saya pakai selama ini adalah XCHM. Ternyata a

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*