Instalasi SuSE Linux Melalui Jaringan

Instalasi sistem Linux melalui jaringan memiliki banyak manfaat, diantaranya :

1.Bisa dilakukan secara bersama-sama
2.Tidak ada beban masalah kerusakan CD / DVD
3.Kecepatan akses tinggi dan konstan
4.Tidak memerlukan CD / DVD saat instalasi
5.Selesai install, setting sumber instalasi dapat langsung diakses dan digunakan dalam melakukan update, sehingga tidak perlu mencari-cari CD/DVD.

Proses instalasi melalui jaringan menggunakan distro Linux OpenSuSE sangat mudah dan tidak memerlukan konfigurasi yang rumit. Yang diperlukan hanyalah koneksi jaringan yang baik dan CD/DVD SuSE Linux plus CDROM/DVD ROM untuk copy master sumber saat pertama kali.

Ada berbagai metode instalasi jaringan untuk SuSE Linux, diantaranya bisa menggunakan modus http, ftp, samba, nfs dan lain-lain. Untuk kali ini kita akan menggunakan NFS karena proses setupnya tidak sulit dan tidak memerlukan file tambahan macam-macam..

Sebelum dapat digunakan untuk instalasi jaringan, kita harus melakukan instalasi Linux yang akan bertindak sebagai NFS Server. Bisa saja NFS Server menggunakan sistem Linux lain yang sudah ada. Jika ini yang terjadi, kita hanya perlu mengetahui alamat IP dan lokasi data NFS. Contoh dalam tutorial ini berasumsi belum membuat NFS Server.

Silakan download tutorial dari Link ini. Note : Artikel ini saya kirimkan ke IKC.

Pin It

2 thoughts on “Instalasi SuSE Linux Melalui Jaringan

  1. mas tlg jelasin secara rinci donk instalasi setup nfs server, sampai setup di client (client bs baca sharingan folder di server) trims y…., trs apa suse linux desktop support untuk nfs server, waktu saya install, packagenya tdk disertakan shg g bs di setting..trims lg…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*